Awwabin, arti sholat awwabin, awabin, apa sholat awabin, awabbin



Penyusun - Penyaji : Abu Hafidz

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat, kali ini saya ingin sharing terkait hal yang biasa kita amalkan dan temukan dimasyarakat dalam hal ibadah, khususnya tentang shalat Awwabin.

alhamdulillah saya menemukan apa yang selama ini saya tanda tanya buat pribadi tapi belum sempet menanyakan kepada ahli nya, tapi hari ini saya mendapatkan pencerahan dari sebuah artikel yang dishare di salah satu media sosial...

apa yang menjadi ganjalan saya selama ini adalah tentang sholat Awwabin yang mana di daerah saya sering dilakukan oleh jamaah selepas sholat sunnah maghrib, waktu mengamalkannya antara ba'da maghrib dan sholat isya.

sahabat, nah ternyata dalam ilmu yang saya dapatkan terkait shalat awwabin tersebut penjelasannya ada dibawah ini :

Salat Awwabin adalah satu jenis salat Sunnah. Awwabin sendiri berasal dari bahasa arab yang berarti (orang yang sering bertaubat). Ada perbedaan pendapat mengenai salat ini dikalangan para ulama. Ada yang mengatakan bahwa salat awwabin dilakukan antara waktu maghrib dan isya, sementara yang lain mengatakan salat awwabin adalah nama lain dari salat dhuha.

   Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا يحافظ على صلاة الضحى إلا أواب، وهي صلاة الأوابين

“Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.” 
(HR. Ibnu Khuzaimah, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib 1: 164). 
Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Awwab adalah muthii’ (orang yang taat). 
Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat” (Syarh Shahih Muslim, 6: 30).

"Salatnya orang-orang awwabin (yang sering bertaubat kepada Allah) adalah ketika anak unta merasa kepanasan" (HR. Muslim: 848)
"Tidak ada yang menjaga salat dhuha kecuali orang awwab (sering bertaubat). Rasulullah bersabda: "Itu adalah salatnya orang-orang yang sering bertaubat" (HR Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya: 1224, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 1/313 Ath Thabarani dalam Al-Ausath: 4322. Disahihkan Al Hakim dan disepakati Adz-Dzahabi. Dan dihasankan Al-Albani dalam silsilah Ash-Shahihah no. 707).
Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata:" Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang salat Dhuha. Ia bersabda,'Salat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari)' ". (HR Ahmad Muslim dan Tirmizy)

Sahabat, dari keterangan diatas sepertinya cukup jelas dengan referensi dari ulama dan kitabnya yang disertakan diatas, bahwa sholat awwabin itu adalah sholat dhuha, dan bukan sholat yang biasa diamalkan selama ini dengan waktu yang saya sebutkan diatas.

Cukup sudah dengan informasi diatas atas pertanyaan besar saya selama ini terkait sholat awwabin, walaupun demikian tidak ada salahnya kita terus mencari dan mencari informasi penunjang demi mendapatkan informasi valid dan meminimalisir debatebel atau khilafiyah khusunya dari permasalahan ini.

Semoga Allah swt memberikan kita hidayah dan taufik untuk merutinkan shalat yang mulia ini. 

artikel terkait baca juga shlat Syuruq di link :


Wallahu waliyyut taufiq

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Referensi pendukung :

Komentar