MEDIA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

SMAIT ASSYIFA BOARDING SCHOOL

Uraian Materi kelas X; Smester Ganjil

Bidang Layanan : Belajar

Topik : TIPS SUKSES BELAJAR DIMASA PANDEMI

Jenis  Layanan :  Bimbingan Klasikal

Tujuan :

Peserta didik/konseli  mampu memanfaatkan teknologi informasi  untuk belajar dimasa pandemi

 

 

TIPS SUKSES BELAJAR DIMASA PANDEMI

Penyaji : Abu Hafidz

Belum genap satu tahun pendemi ini melanda negeri tercinta indoneisa bahkan warga dunia, dengan segala daya upaya Seluruh warga Indonesia berusaha bangkit dari keterpurukan dalam segala sektor kehidupan, termasuk dalam sector pendidikan, dimana dalam masa pandemic covid -19 ini penyelenggara pendidikan harus mengantisipasi adanya penyebaran virus yang sangat massif ini.

Menteri pendidikan dan kebudayaan dengan sigap menanggapi hal ini dengan mengeluarkan Surat Edaran no. 4 tahun 2020 yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan agar menjaga jarak dalam proses pembelajaran itupun apabila peserta didik dan sekolah berada pada wilayah atau zona hijau dan untuk zona kuning apalagi zona merah penyampaian materi harus disampaikan di rumah masing-masing sampai kondisi memungkinkan dari menteri kesehatan, pada situasi dan kondisi yang memungkinkan akan ada pemberitahuan pada kesempatan yang akan datang.

Dengan demikian dalam proses belajar harus mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh melalui media dan teknologi yang mendukung serta jaringan atau sinyal internet yang kuat.

Prof Eko disela webinar pendidikan menyampaikan Pada masa pandemi ini, siswa, guru dan orang tua punya peranan tersendiri untuk menjalankan aktivitas pendidikan. "Saya melihat masa pandemi ini terbagi menjadi 4 kuadran. Yakni orang tua, siswa, guru dan masyarakat.
(dkutip dari Kompas.com "5 Langkah Susun Strategi Pendidikan di Masa Depan Pasca Pandemi", )

Apa yang disampaikan beliau akan kita bahas fokus sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu pada Kuadran yang akan kita Bahas adalah kuadran ke 2 tentang kondisi siswa hal tersebut disampaikan beliau sebagai berikut :

Kuadran 2

1.    Siswa melaksanakan pembelajaran mandiri.

2.    Generasi hebat adalah bisa melewati masa-masa krisis.

3.    Siswa berusaha keras untuk menunaikan tugas dan kewajiban meski dengan pendampingan minimum dari guru.

4.    Siswa lebih bebas berkreasi dan berimajinasi mengenai tugas.

5.    Siswa terbiasa mengelola waktu secara mandiri.

Dari apa yang disampaikan prof. Eko diatas setidaknya kita perlu mengkondisikan diri dalam proses belajar secara daring dengan bijaksana, hal tersebut bisa kita perjelas dalam pembahasan berikut ini dan akan menjadi tips sukses dalam melaksanakan pembelajaran online

Pertama Lakukan Belajar Secara Mandiri

Pada masa sekarang ini siswa dituntut untuk mandiri tingkat tinggi, masalahnya banyak Kesalahan yang sering dilakukan siswa, sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah tidak fokus ketika melakukan remote learning. Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya.

Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

Ke Dua Bijak menyikapi situasi dan kondisi yang menghadang

Generasi yang tangguh adalah generasi yang mampu melewati badai kehidupan itu salah satu ungkapan motivasi yang disampaikan oleh ustadz Satria Hadi Lubis, dimasa pandemic seperti ni kita wajib menyikapi kondisi ini dengan bijak, masalahnya kita akan menanggung resiko besar yang akan dirasakan oleh diri kita maupun orang lain, contoh penyikapan bijak dimasa pandemic adalah : 1. Mengikuti arahan dari pemerintah terkait protokoler covid; 2. Menjaga kesehatan dengan makanan sehat bergizi dan olahraga teratur; 3. Ketika terasa demam lakukan isolasi mandiri dan apabila berlanjut hubungi dokter. Setidaknya hal tersebut yang perlu kita lakukan sampai masa pandemic ini berlalu.

Ke Tiga Tunaikan Tugas Dengan Fasilitas Teknologi Yang Ada

Para siswa harus mengetahui peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Tidak semua sekolah sudah menyediakan layanan belajar daring yang memadai, oleh karenanya beberapa platform belajar daring dapat menjadi alternatif. Demikian juga perkakas teknologi seperti komputer, gawai pintar, atau tablet menjadi penting, dan terutama juga jaringan internet yang laik. Hal ini akan mendukung kita dalam proses pembelajaran dan penyelesaian tugas yang diberkan oleh guru kita.

Ke Empat  komunikasikan secara efektif dalam mengerjakan tugas sekolah

Bagi yang belum terbiasa melakukan remote learning, ia harus menyesuaikan diri untuk berkomunikasi tanggap dengan pengajar atau teman kelas lain. Jika dibutuhkan, perlu juga diadakan grup khusus untuk membahas tugas yang dibebankan pengajar. Kendati tidak harus dilakukan dengan tatap muka, komunikasi mesti terjalin dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman. 

Ke Lima bijak dalam mengatur waktu / manajemen waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. Hal ini lebih mudah dijalani jika pihak sekolah atau universitas memberikan batasan jadwal akses daring kepada siswa-siswanya. Hal ini akan berbeda jika penyedia layanan pendidikan memberikan fleksibilitas penuh kepada pelajar. Para siswa mesti mengatur sendiri jadwal belajar mereka.

Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan remote learning.

Ke Enam bentuk kelompok kecil

Untuk mengefektifkan waktu dan belajar sebaiknya kelas dibagi menjadi beberapa kelompok baik secara mandiri ataupun ditentukan oleh guru, hal ini akan mengoptimalkan peran siswa dalam belajar dan melakukan pembelajaran, siswa bisa melakukan Tanya jawab dan berdiskusi secara mandiri diluar forum pembelajaran dan bisa saling mengingatkan apabila ada anggota kelompok yang tertinggal informasi, sehingga aktifitas belajar benar-benar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Ke Tujuh Meninjau Ulang

Dalam kegiatan belajar hal terpenting dalam proses belajar adalah meninjau ulang atau evaluasi hasil belajar secara mandiri hal hal yang perlu diperhatikan menurut Dryden & Voc dalam buku revolusi belajar hal. 327  adalah membaca peta pikiran atau catatan dilakukan pada saat :

1.       Sebelum tidur setelah anda belajar

2.       Keesokan hari

3.       Seminggu kemudian

4.       Sebulan kemudian

5.       Tepat pada saat dibutuhkan

 

 

KESIMPULAN

Dalam pembahasan kali ini dapat kita simpulkan bahwa dalam menhgadapi pandemic ini peserta didik atau siswa tidak boleh patah semangat dalam melakukan pembelajaran, hal ini tentunya memerlukan dukungan baik secara peralatan penunjang seperti gawai atau laptop maupun secara jaringan sinyal yang kuat, serta ada perangkat yang disepakati untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan arahan dari sekolah.

Ada tujuh tips yang bisa kita praktekan untuk kesuskesan belajar dalam masa pandemic ini

1.      Lakukan Belajar Secara Mandiri

2.      Bijak menyikapi situasi dan kondisi yang menghadang

3.      Tunaikan Tugas Dengan Fasilitas Teknologi Yang Ada

4.      Komunikasikan secara efektif dalam mengerjakan tugas sekolah

5.      Bijak dalam mengatur waktu / manajemen waktu

6.      Bentuk kelompok kecil

7.      Meninjau Ulang

 

 

 

Referensi

 https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/09/180742171/5-langkah-susun-strategi-pendidikan-di-masa-depan-pasca-pandemi?page=all. Penulis : Albertus Adit

https://www.oborkeadilan.com/2020/08/strategi-pembelajaran-daring-di-masa.html

Dryden Gordon, Cet IV, April 2004, Revolusi Cara Belajar, Kaifa, Bandung.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200705073321-284-520932/7-cara-sukses-belajar-online-saat-tahun-ajaran-baru-2020-2021

Komentar