LAILATUL QADAR, MALAM LAILAUTL QODAR, LAYLATUL QADRI

Ruhiyyah
LAILATUL QADAR, MALAM LAILAUTL QODAR
Penyusun - Penyaji : Abu Hafidz

Sahabat kaum muslimin ahlus Syiyam Ramadhan, di tahun ini kita optimalkan sepuluh malam terakhir dengan sunnah Rasulullah saw yaitu I'tikaf di masjid untuk meraih keutamaan Lailatul Qadar.
Kita semua tidak akan tahu kapan terjadinya malam dengan fadhilah 1000 bulan itu, karena Allah swt yang memiliki hak utama, akan tetapi ada beberapa keterangan dari para ulama yang bisa dijadikan rujukan untuk memperkuat ikhtiar kita agar meraih malam kemuliaan tersebut, silahkan disimak beberapa postingan yang didapatkan penyusun dibawah ini.

KAPAN LAILATUL QODAR TAHUN INI (1439 H/2018)
Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R.Rozikin)*

Berdasarkan kajian dalil, pendapat paling kuat menurut saya terkait kapan Lailatul Qodar adalah malam ke-27. (Telah saya uraikan 10 Argumentasi penguat dalam catatan saya yang berjudul "Sepuluh Argumentasi Bahwa Malam ke-27 Adalah Lailatul Qodar")

Hanya saja, ada sejumlah hadis sahih yang juga menunjukkan bahwa Lailatul Qodar itu tanggal 21, 23, 25, malam-malam ganjil, dan 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Demi mengakomodasi dan mengkompromikan dalil-dalil sahih ini maka An-Nawawi berpendapat Lailatul Qodar itu berpindah-pindah. Ucapan Asy-Syafi’i terkait ini juga mungkin dipahami bahwa beliau juga berpendapat berpindah-pindah. 

Al-Ghozzali juga setuju bahwa Lailatul Qodar itu berpindah-pindah.
Mungkin setelah dicoba dan dirasakan, berdasarkan pengalaman akhirnya Al-Ghozzali merumuskan bahwa kapan Lailatul Qodar bisa diketahui dari awal Ramadan.

Jika awal Ramadan itu hari,
Senin, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 21 Ramadan
Sabtu maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 23 Ramadan
Kamis, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 25 Ramadan
Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 27 Ramadan
Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 29 Ramadan

As-Sayyid Al-Bakri menulis,
قال الغزالي وغيره إنها تعلم فيه باليوم الأول من الشهر، فإن كان أوله… أو الخميس: فهي ليلة خمس وعشرين.
"Al-Ghazzali dan yang lainnya berkata: Malam (lailatul qodar) itu diketahui dengan hari pertama bulan tersebut (Ramadan) jika hari pertama adalah hari…(dan seterusnya sampai kalimat)…Kamis, maka lailatul qodar adalah malam ke duapuluh lima…” (I’anatu Ath-Tholibin, juz 2 hlm 290)

Persaksian Abu Al-Hasan Asy-Syadzili, beliau mengatakan bahwa semenjak baligh sampai usia beliau saat itu, lailatul qodar selalu beliau dapatkan dengan memakai kaidah Al-Ghazzali tersebut.
Ramadan tahun ini (1439 H/2018) jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018, berarti Lailatul Qodar insya Allah jatuh pada tanggal 25 Ramadan.

Jika saya tidak salah hitung, maka malam 25 jatuh pada hari Sabtu, 9 Juni 2018.
Oleh karena malam 27 adalah malam yang paling kuat dari sisi dalil, maka sebaiknya hari Senin tanggal 11 Juni 2018 juga diberi perhatian.
Jadi ada dua hari yang mendapat perhatian lebih untuk tahun ini yaitu,
• Sabtu, 9 Juni 2018 (malam ke -25)
• Senin, 11 Juni 2018 (malam ke-27)

Ini adalah analisis dengan mengasumsikan tanggal 1 Ramadan benar-benar jatuh hari Kamis, 17 Mei 2018.

Jika di sisi Allah tanggal 1 Ramadan itu sehari sebelumnya atau sesudahnya, maka tanggal-tanggal tadi jelas ikut bergeser. Oleh karena itu, sudah tepat jika Rasulullah menganjurkan mneghidupkan 10 malam terakhir, karena bisa jadi malam yang kita duga ganjil sesungguhnya adalah genap dan malam yang kita duga genap sesungguhnya adalah ganjil. Tanggal-tanggal yang kita duga, bisa jadi maju atau satu hari atau bahkan bisa juga dua hari. Wallahua’lam
جعلنا الله من الفائزين بليلة القدر
Versi Situs: http://irtaqi.net/2018/06/04/kapan-lailatul-qodar-tahun-ini-1439-h2018/*
20 Ramadan 1439 H
repost WA
💕AlHusnA💕


Dari kajian lain penyusun mendapatkan informasi seperti ini...
ONE DAY ONE HADIST
Waktu Lailatul Qadar
------------------
Sahih al-Bukhori:1883
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيُخْبِرَنَا بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ، فَتَلاَحَى رَجُلاَنِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ، فَقَالَ:
خَرَجْتُ لأُخْبِرَكُمْ بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ فَتَلاَحَى فُلاَنٌ وَفُلاَنٌ فَرُفِعَتْ، وَعَسَى أَنْ يَكُونَ خَيْرًا لَكُمْ، فَالْتَمِسُوهَا فِي التَّاسِعَةِ وَالسَّابِعَةِ وَالْخَامِسَةِ.
Dari Ubadah ibn Al-Shamit, dia berkata: Nabi saw keluar untuk memberitahukan kami tentang Lailatul Qadar. Tiba-tiba ada dua orang dari Kaum Muslimin yang beradu mulut. Maka beliau bersabda:
Aku datang untuk memberitahukan kalian tentang (waktu terjadinya) Lailatul Qadar namun fulan dan fulan beradu mulut sehingga (kepastian waktunya) diangkat (menjadi tidak diketahui). Namun semoga saja ini lebih baik untuk kalian, maka carilah ia (Lailatul Qadar) pada malam yang kesembilan, ketujuh dan kelima (pada sepuluh malam terakhir dari Ramadhan).

Pesan :
Riwayat lain menceritakan bahwa malaikat hendak memberitahu Rasulullah kapan Lailatul qadar, namun ada dua sahabat yang bertengkar, hingga malaikat itu pergi dan waktu Lailatul qadar tidak diketahui. Namun Rasulullah berdoa agar itu menjadi yang terbaik untuk kita, dan memberitahu kita bahwa lailatul qadar ada di malam ke 9, 7 dan 5 terakhir Ramadhan.
http://bit.ly/satuharisatuhadis

dari informasi yang didapatkan dari beberapa artikel di medsos (WA) diatas dapat kita simpulkan bahwa :
1. Imam Syafi'i yang hidup pada 150-204 H/767 – 820 M, Imam Al-Ghazali yang hidup pada 450-  505 H/1058 – 1111 M, dan Imam An-Nawawi yang hidup pada 631 - 676 H /1233 - 1277M.
menyepakati bahwa malam lailatul qadar berpindah - pindah waktu terjadinya, bahkan imam Ghazali meneliti dan membuat skema terjadinya lailatul qadar tergantung kapan awal mula Ramadhan, berikut skema yang beliau rangkum :
     Jika awal Ramadan itu hari,
   Senin, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 21 Ramadan
    Sabtu maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 23 Ramadan
    Kamis, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 25 Ramadan
    Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 27 Ramadan
    Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qodar jatuh pada tanggal 29 Ramadan

2. Dalam kajian ke dua menukil dari Hadits Imam Bukhari yang menjelaskan bawa malam lailaul qadar ada di malam ke 9, 7 dan 5 terakhir Ramadhan.

3. Pendapat saya pribadi dengan mengharap keberkahan dan kemuliaan dari Allah swt di bulan Ramadhan ini, maka tidak ada salahnya kita I'tikaf di 10 malam terakhir Ramadhan secara penuh, Agar ketika Allah swt berkehendak menurunkan di malam yang mana saja maka kita tentunya sudah siap menyambut dengan Itikaf di masjid, insyaallah kita akan meraih keberkahan berlipat ganda, baik dari sisi I'tikad dan azam full i'tikaf 10 hari terakhir, pelaksanaan i'tikaf nya yang full, juga sangat memungkinan meraih lailatul qadarnya, betul kan.

Sahabat, selamat meraih keberkahan malam 1000 bulan. kita sama-sama saling mendoakan untuk keberkahan, kemuliaan dan kejayaan umat islam diseluruh pelosok dunia, amin.

Komentar