CIRI, TANDA MADU ASLI, CARA MENGETAHUI MADU MURNI, TANDA MADU PALSU ATAU BUATAN, TIPS JITU CEK MADU ASLI


TIPS MENGETAHUI MADU ASLI DAN PALSU
oleh : Abu Hafidz

Sahabat pasti kenal dengan yang namanya madu, semua orang sepakat bahwa madu memiliki khasiat dan manfaat yang sangat sempurna, pasalnya madu sudah mendapatkan stempel menyembuhkan oleh penciptanya dan pencipta kita serta alam raya ini, yaitu Allah swt.


Tersedia Madu Hutan ASLI 
kemasan 1Kg dan 0,5Kg
Silahkan pesan melalui
WA : 085322672231
Telegram : 085322672231
 







Agar lebih yakin mari kita simak Ayat Al-Quran, surat An-Nahl (16) ayat 68 - 69.

Aku Berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk
 
وَأَوۡحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحۡلِ أَنِ ٱتَّخِذِي مِنَ ٱلۡجِبَالِ بُيُوتٗا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ ٦٨ ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسۡلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلٗاۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٞ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٞ لِّلنَّاسِۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ ٦٩

68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia"
69. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Maha benar Allah swt. dengan segala firmannya


Yang menjadi masalah, banyak orang menawarkan dan menjual madu yang tidak  bisa dipastikan keasliannya walaupun sipenjual mengatakan ini madu asli dan murni, dengan artikel ini kita bisa mengetahui bagaimana cara mengetahui apakah madu yang kita beli itu asli atau palsu, silahkan baca tips dibawah ini secara seksama.

Madu asli tentunya memiliki ciri khas baik dari aroma, bau, dan rasanya, belum lagi apabila kita test di laboratorium terkait kandungan vitamin, mineral dan enzim alami yang membuatnya istimewa dan berkhasiat, hal ini yang menjadikan pembeda dengan madu palsu yang  sangat jelas, hal ini bisa dipastikan karena madu palsu atau madu campuran memiliki kandungan yang jauh berbeda, entah dicampur gula atau bahan kimia lain.

Madu Asli atau madu murni berasal dari nektar bunga dari tanaman tertentu yang dihisap lebah dan disimpan dalam sarangnya. Pada mulanya nektar ini encer, akan tetapi ketika berada didalam sarang yang suhunya lebih hangat kandungan air dalam nektar menguap dan menjadi lebih kental. Tentunya berbeda ketika pada musim hujan, kadar air yang terkandung pada nektar pun tinggi, yang membuat madu cenderung encer bila dibandingkan pada saat musim kemarau.



“Madu asli itu tidak bisa ditentukan hanya dengan kental atau encernya”

justru kalau sahabat mendapatkan madu kental di musim hujan, perlu dipertanyakan keaslianya, karena madu palsu kental mudah dibuat, terkecuali madu timur tengah yang sangat jarang sekali turun hujan atau madu indonesia yang sudah melalui proses penurunan kadar air dengan alat tertentu.
Madu murni baik  dari jenis madu hutan /apis dorsata, madu lebah lokal /apis cerana, madu klanceng /trigona sp, atau lebah ternak impor /apis melifera, dan mungkin ada jenis lainnya yang penulis tidak ketahui, memiliki ciri khas tersendiri baik dari aroma dan rasanya.
Inilah ciri madu murni atau madu asli yang penulis ketahui
PERTAMA ciri madu asli bisa dikenali dari rasa, madu asli beda dengan madu palsu atau buatan bahkan campuran, dengan rasa segar yang dipengarui dari sumber nektar bunga tumbuhan yang di hisap lebah.

Beda dengan madu palsu atau buatan, madu palsu atau buatan rasanya cenderung tidak segar bila diminum. kadang seperti sirup atau permen, kadang ada juga madu palsu yang malah mau muntah ketika kita meminumnya.
KEDUA ciri madu asli bisa dikenali dari aromanya yang khas, nektar bunga tertentu seperti bunga rambutan, bunga durian, bunga randu masing-masing memiliki bau dan aroma yang sangat khas, jadi mudah untuk di bedakan dengan madu palsu yang baunya seperti bahan pembuatnya, entah gula / glukosa, atau sirup, bahkan ada informasi dari air perasan buah-buahan yang diproses sedemikian rupa.

KETIGA ciri madu asli juga bisa kita deteksi dengan freezer cara mudah untuk menguji keaslian madu cara Ini bisa dijadikan salah satu cara untuk menguji apakah madu itu asli atau palsu.
Akan tetapi menurut pengetahuan saya tentang madu, madu asli bisa mengkristal dan bisa tidak, perlu melihat dan mengetahui jenis nektar.
Faktor jenis nektar, madu dari nektar tanaman karet dan kaliandra adalah contoh madu asli yang bisa mudah mengkristal bila di simpan lama, malah akan lebih mudah mengkristal apabila dalam suhu  dingin atau di simpan didalam freezer tapi tetap tidak membeku seluruhnya, masih ada bagian madu yang mencair. sebaliknya madu nektar bunga rambutan, bunga lengkeng, bunga durian, nektar multi flora (bergam jenis nektar bunga) termasuk bunga randu adalah madu yang terkenal bagus dan tidak mengkristal bila di simpan dalam kulkas atau freezer, hanya mengental dan pastinya tidak beku.
KEEMPAT adalah WARNA warna madu sesuai dengan jenis nektar bunga yang dihisap lebah, misalnya untuk jenis bunga kaliandra biasanya warna madu cenderung kuning keemasan, lain halnya dengan jenis bunga rambutan dan bunga durian akan lebih pekat atau kecoklatan. Ada juga madu yang warnanya putih tapi sangat jarang sekali ditemukan madu dengan warna seperti ini.
Penulis pernah menemukan beragam madu palsu salah satunya madu warna putih, kata penjualnya madu ini dari jenis lebah klanceng / teuweul (sunda) / trigona katanya dan penulis mencoba membelinya, ternyata rasanya aneh, lebih mirip dengan rasa gulali, padahal yang namanya madu klanceng / teuweul (sunda) / trigona, madunya cenderung ada rasa asam, saya menyimpulkan dengan yakin walaupun hanya sebatas analisis indra tubuh yang digunakan, bahwa madu tersebut PALSU.
KELIMA adalah harga ini adalah salah satu tips (walaupun bisa saja kita terkecoh) bagaimana membedakan madu asli dan palsu. Madu asli harganya tentu lumayan mahal, dan harga madu palsu atau buatan biasanya lebih  murah dibandingkan madu asli, sahabat perlu curiga kalau ada madu dengan harga yang terlalu murah.
KEENAM  Cara paling mutakhir menguji madu di laboratorium bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang punya banyak duit, karena bisa mengetahui kandungan enzim dalam madu, yang mana enzim alami ini tidak bisa dibuat dengan bahan kimia tentunya.
MITOS
ada pendapat bagaiman cara menguji madu yang PERLU DIKRITSI :
  1. Menguji MADU dengan Kuning Telur. kalau kita campur madu asli dengan kuning telur maka akan ada gumpalan ada yang bilang ‘matang’, apabila kita mau coba menggunakan wedang aren yang akan dijadikan gula atau gula aren setengah matang maka hasilnya akan sama, jadi tidak bisa dijadikan tips utk mengecek madu asli atau palsu.
  2. Semut sebagai acuan untuk mendeteksi MADU. Pertanyaanya, semut mana yang tidak suka rasa manis ? Faktanya bahwa semut menyukai sesuatu yang manis apalagi madu.
  3. Kertas sebagai alat untuk menguji keaslian MADU. Yaitu dengan meneteskan atau menuangkan ke atas kertas koran atau kertas buram.  katanya kalau asli tidak akan menyerap dan yang palsu akan menyerap dan menyebar, hali ini menurut hemat saya disebabkan efek dari kadar air yang tinggi, kalau madu palsu yang kental pastinya tidak akan menyerap dan menyebar basahnya pada kertas, sebaliknya madu asli yang kadar airnya tinggi mungkin akan menyerap dan menyebar juga.
Mengapa ada semacam gumpalan diatas permukaan madu ?

MADU asli yang diperas dari sarang lebah, biasanya akan bercampur dengan bee polen / bee bread / nektar bunga yang dibawa dikedua kaki belakangnya (lihat gambardan 2) dan dikumpulkan oleh lebah untuk dijadikan makanan anak lebah, yang disimpan didalam sarang lebah itu sendiri (lihat gambardan 3 dan 4 ), sehingga ketika diperas maka selain madunya akan terbawa juga bee polen atau nektar tersebut, sehingga ketika dikemas akan ada bee polen yang berada dipermukaan madu.

 
Apa manfaat bee polen ? (klik disini)
Sahabat, demikian tips dan cara bagaimana mengetahui madu asli atau palsu, semoga bermanfaat.
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber :
*Pengalaman pribadi
*Informasi yang didapat langsung dari orang lain
 * dll


Komentar